Senin, 14 Desember 2009

Pengertian Futsal

Pengertian Futsal
Menurut Kamus Pintar Futsal (2005: 22), futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu, yang masing-masing bernggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diijinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepakbola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis,bukan net atau papan.
Menurut Roeslan Hatta (2003: 9) olahraga futsal merupakan olahraga futsal mini yang dilakukan dalam ruangan dengan panjang lapangan 38-42 meter dan lebar 15-25 meter. Dimainkan oleh 5 pemain termasuk penjaga gawang. Futsal adalah permainan hamper sama dengan sepakbola, dimana dua tim memainkan dan memperrebutkan bola diantara para pemain dengan tujuan dapat memasukkan bola kegawang lawan dan mermpertahankan gawang dari kemasukan bola.
Menurut Justin Lhaksana (2004: 19) sebelum berkembang menjadi cabang olahraga yang kedudukannya sejajar dengan sepakbola rumput, futsal ditekuni sebagai sarana pengarahan dan pembentukan para pemain muda yang ingin berkarir dalam bbbidang futsal.
2. Sejarah Futsal
Futsal diciptakan di Montevedeo, Urugua pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Serikat, terutama di Brasil.Keunikan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dari gaya terkenal dunia yang diperlihatakn pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya difutsal. Sementara Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan dibawah perlindungan FIFA diseluruh dunia, dari Eropa hinga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, Osenia.
Pertandingan futsal internasional pertama diadakan pada tahun 1965, Paragua menjuaraiPiala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelaran juara disapu Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkan lagi pada perebutan berikutnya tahun 1984.
Kejuaraan Dunia Futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982, berakhir dengan Brasil di posisi pertama. Brasil mengulangi kemenangannya di Kejuaraan Dunia kedua pada tahun 1985 di Spanyol, tetapi menderita kekalahan dari Paraguay dalam Kejuaraan Dunia ketiga tahun 1988 di Australia.
3. Pencegahan Cedera
Mencegah lebih baik dari pada mengobati, hal ini tetap merupakan kaidah yang harus dipegang orang. Menurut Andun Sudijantoko (2000: 21) terdapat usaha pencegahan yang harus diketahui oleh para atlet dan pelatih, antara lain;
a. Pencegahan malalui ketrampilan
b. Pencegahan melalui latihan
c. Pencegahan melalui makanan
d. Pencegahan melalui waming-up dan cooling-down
e. Pencegahan melalui peralatan
f. Medan atau Peralatan
Cedera olahraga adalah segala macam cedera yang timbul pada waktu latihan atapun pada waktu pertandingan ataupun setelah pertandingan (Hdianto Wibowo, 1995; 11).Cedera merupakan rusaknya jaringan (lunak/keras) yang disebabkan teknis, benturan, atau aktifitas fisik yang melebihi batas beban latihan, yang dapat menimbulkan rasa sakit dan akibatdari kelebihan latihan melalui pembebanan latihan yang terlalu berat sehingga otot dan tulang tidak lagi dalam keadaan anatomis. (G. La. Cava,1995; 145)

1 komentar:

  1. mas catur, saya boleh minta daftar pustakanya ga? klo boleh sekalian refrensinya dari mana ? buat tugas penulisan nih mas.. makasih sebelumnya

    BalasHapus